Tips berkunjung ke Raja Ampat

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat kita mulai membuka browser internet dan mengetik di mesin pencari “Tempat Wisata Indonesia” maka barisan pertama akan muncul RAJA AMPAT. 

Iya betul Raja Ampat adalah kepulauan kebanggaan Indonesia menjadi destinasi wisata dunia. Keindahan bawah laut dan gugusan pulau-pulau indah menghipnotis kita untuk berkunjung ke Raja Ampat. Dive.In magazine  menobatkan  spot dive di Raja Ampat menjadi the best site dive in the world 2017 menyingkirkan Maldive dan pulau Sipadan. Untuk menjelajah Raja Ampat dengan luas perairan laut sekitar 3 juta hektar dibutuhkan waktu dan biaya yang besar. Nah di postingan ini saya akan berbagi  tips liburan hemat  ke Raja Ampat. 
 
 
Gususan Pulau Karts Piaynemu (foto: Pribadi)
 
Hal penting yang perlu kita ketahui  2/3 wilayah Raja Ampat adalah laut dan pulau-pulau kecil, terbagi menjadi 4 pulau besar Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool. Keempat pulau besar ini menjadi cikal bakal nama Raja Ampat (Ampat Raja :baca). Masyarakat Raja Ampat mengandalkan moda transportasi laut untuk bepergian. 
 
Konsekuensi dari luasnya wilayah berimbas mahalnya biaya berkunjung ke Raja Ampat, hal yang sering dikeluhkan. Berikut tips buat kalian yang merencanakan berkunjung ke tanah para raja.

Rencanakan ke Raja Ampat dalam group kecil lima hingga sepuluh orang karena ini akan sangat membantu sharing  biaya sewa speed boat yang  mengantar kita ke spot-spot wisata. Homestay lokal akan membantu menyediakan speed boat dan tidak perlu khawatir, mereka akan mengatur rute perjalanan dengan baik.
 
Memilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Musim ombak sangat berpengaruh untuk aktifitas berwisata di Raja Ampat. Bulan Oktober hingga April adalah waktu terbaik mengunjungi Raja Ampat. Di Bulan Juli hingga September tidak disarankan berlibur ke selatan Raja Ampat seperti Misool karena tiupan angin selatan cukup kuat dan laut tidak bersahabat. 
 
Raja Ampat Utara atau Raja Ampat Selatan!!! nah bingungkan. Ini penting loh, lokasi wisata populer yang ramai dikunjungi oleh turis adalah raja ampat utara. Hal ini  didukung  oleh  ketersediaan transportasi seperti kapal cepat dari Sorong ke Waisai dan penerbangan langsung ke Waisai (pulau Waigeo) ibu kota kabupaten Raja Ampat. Pilihan tempat hunian cukup beragam mulai dari dive resort dengan harga selangit hingga home stay lokal 350rb/malam sudah termasuk tiga kali makan. Pasir timbul, Piaynemu, Wayag, Arborek, Sawandarek dan Mansuar merupakan spot wisata yang ramai dikunjungi di utara raja ampat. 

Danau Ubur-Ubur di Misool “hanya ada 3 tempat di Indonesia yand dapat kita jumpai ubur-uur yakni Togean dan Kakaban.

Misool, Raja Ampat selatan tidak kalah menarik dari Raja Ampat utara. “paling suka dan tak pernah bosan sih Misool ujar Mariscka Prudence travel blogger ketika hadir sebagai tamu di acara Just Alvin. Meski tak seramai di Utara tak perlu khawatir untuk ke Misool. Disana  ada satu dive resort bintang lima Misool Ecoresort (MER) dan sekitar 6 homestay yang dikelola oleh masyarakat lokal. Untuk berkunjung ke Misool kita harus merencanakan jadwal perjalanan dengan baik, karena kapal dari Sorong ke Misool hanya 2 kali seminggu. Berangkat dari Sorong senin  dan jumat malam,  kembali ke Sorong sabtu dan kamis pagi. Pilihan fleksibel menggunakan speed boat carteran dari sorong dengan harga yang  tentunya tidak murah. 

Dafalen Love: Misool dianugerahi keindahan alam yang menakjubkan (foto:pribadi)
Balbolol: Batuan karts menyerupai pohon natal setinggi gedung berlantai 4

Masih belum yakin mau berkunjung ke Raja Ampat setelah melihat foto-foto diatas. Itu bukan editan tapi kreasi Sang Pencipta seperti yang orang Raja ampat yakini ” Surga kecil Jatuh ke Bumi”
Ga cuma alam  yang indah orang Raja Ampat dikenal ramah dan senyum manisnya 🙂 

Senyum dulu kaka

Tarif Moda Transportasi dan Jasa

  1. Tiket Kapal Cepat Waisai-Sorong : Ekonomi 125rb dan VIP 220rb waktu tempuh kurang lebih 2 jam
  2. Tiket Fery Sorong-Misool: 200rb waktu tempuh 8 jam
  3. Sewa alat snorkling 100-150rb 
  4. Sekali menyelam sudah  termasuk alat  400-750rb
  5. Sewa Speed Boat 1,5 jt – 4 juta perhari tergantung jarak (Mesin 80PK) 
  6. Entrance fee wisata atau kartu jasa lingkungan (KJL) : wisatawan dalam negeri 500 rb dan mancanegara 1 juta berlaku selama setahun. 

 

 
 
 

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Baca Juga

USMAN

Pemotong Ikan Usman (43) asal Maros Sulawesi Selatan. 16 tahun menjadi sopir angkot di Jayapura. Dua tahun terakhir pindah ke Sorong dan bekerja sebagai tukang

Selengkapnya »